Pasar Mobil Indonesia Masih Dikuasai Toyota dan Daihatsu

Transportasi & Logistik
1
Viva Budy Kusnandar 04/04/2022 13:31 WIB
Pangsa Pasar Penjualan Mobil di Indonesia (Jan-Feb 2022)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Pabrikan otomotif asal Jepang, Toyota dan Daihatsu masih menjadi penguasa pasar kendaraan di Indonesia. Kedua pabrikan tersebut menguasai lebih dari separuh penjualan mobil di tanah air.

(Baca: Gaikindo: Penjualan Mobil Turun Tipis 3,4% per Februari 2022)

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) penjualan mobil Toyota dari showroom ke pembeli (retail sales) mencapai 44.093 unit untuk periode Januari-Februari 2022.

Dengan demikian pangsa pasar Toyota dalam dua bulan pertama tahun ini sebesar 29,68% dari total penjualan mobil domestik sebanyak 148.556 unit.

Begitu pula penjualan mobil Daihatsu mencapai 30.628 unit (20,6%) pada periode Januari-Februari 2022. Alhasil, kedua pabrikan otomotif Jepang tersebut menguasai 50,3% penjualan mobil di Indonesia.

Pabrikan otomotif Jepang lainnya, yakni Mitsubishi Motor mampu menjual 20.650 unit (13,9%), dan Honda berhasil menjual 16.205 unit (10,9%), serta Suzuki sebanyak 13.465 unit (9,1%).

Adapun pabrikan otomotif di luar Jepang yang masuk dalam daftar 10 besar adalah Wuling dengan penjualan dalam dua bulan pertama tahun ini sebanyak 3.632 unit (2,4%) serta Hyundai-Hmid sebanyak 2.420 unit (1,6%).

Ke-10 pabrikan otomotif tersebut menguasai 97,4% penjualan mobil di tanah air.

Data Populer
Lihat Semua