Ganti Gorden Rp48,7 M, Ini Total Anggaran Negara untuk DPR

Ekonomi & Makro
1
Viva Budy Kusnandar 31/03/2022 15:50 WIB
Anggaran Belanja DPR dalam APBN 2022
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) sedang mengadakan lelang proyek penggantian gorden untuk Perumahan Dinas DPR RI Kalibata, Jakarta, dengan nilai pagu paket Rp48,7 miliar.

Lelang tersebut dilakukan melalui situs Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) DPR RI sejak 8 Maret 2022.

Seperti tercatat dalam situs LPSE DPR RI, penggantian gorden senilai Rp48,7 miliar ini akan menggunakan sumber dana dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

DPR sendiri mendapat alokasi dana dari APBN 2022 sebesar Rp5,71 triliun. Nilai tersebut meningkat dibanding outlook 2021 yang sebesar Rp5,07 triliun.

Jika dirinci lagi, sebanyak Rp3,13 triliun anggaran DPR dalam APBN 2022 dialokasikan untuk Program Penyelenggaraan Lembaga Legislatif dan Alat Kelengkapan. Sementara Rp2,58 triliun sisanya untuk Program Dukungan Manajemen.

Dalam Buku Nota II Keuangan Beserta APBN Tahun Anggaran 2022, disebutkan bahwa anggaran DPR diarahkan untuk menciptakan pengalokasian APBN yang berpihak pada rakyat (pro poor), dan berorientasi pada pertumbuhan ekonomi (pro growth).

Anggaran DPR juga diamanatkan untuk mendukung penciptaan lapangan pekerjaan (pro job) yang berwawasan lingkungan (pro environment), dan pelaksanaan fungsi pengawasan terhadap pelaksanaan undang-undang dan kebijakan pemerintah.

(Baca: Tahun Kedua Pandemi, Mayoritas Koruptor Berasal dari DPR/DPRD)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua