10 Negara dengan Proporsi Anggota DPR Perempuan Tertinggi

Demografi
1
Monavia Ayu Rizaty 13/02/2022 10:00 WIB
10 Negara dengan Proporsi Perempuan di Parlemen Sistem Satu Kamar Tertinggi (Januari 2022)
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Representasi perempuan di parlemen merupakan salah satu elemen penting yang diperlukan untuk menguatkan kesetaraan gender dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Namun, hingga Januari 2022 anggota parlemen sistem satu kamar (lower/single house) dari kelompok perempuan baru mencapai 26% di tingkat global.

Berdasarkan data Inter-Parliamentary Union, Rwanda berada di urutan pertama sebagai negara dengan proporsi perempuan tertinggi di parlemen, yakni mencapai 61,3% pada Januari 2022.

Jika dirunut sejarahnya, tingginya proporsi perempuan dalam parlemen Rwanda memiliki kaitan dengan tragedi genosida yang terjadi di negara tersebut pada 1994. Tragedi itu membuat populasi laki-laki Rwanda jauh berkurang, sehingga populasi perempuannya menjadi sekitar 60-70% dari populasi nasional.

Rwanda kemudian terpaksa menerapkan perubahan besar-besaran sehingga ruang pemerintahan mereka menjadi lebih terbuka untuk perempuan. Negara ini juga menetapkan aturan bahwa perempuan dapat mengisi 30% jabatan politik nasional.

Setelah Rwanda, negara yang memiliki proporsi perempuan tertinggi di parlemen adalah Kuba dengan tingkat representasi 53,4%. Diikuti Uni Emirat Arab dengan representasi 50%, Nikaragua 48,4%, dan Selandia Baru 48,3%.

Sementara itu, Indonesia menempati urutan ke-110 dari 193 negara dengan proporsi perempuan di parlemen sebesar 21%. Bangladesh berada di bawah Indonesia dengan proprosi sebesar 20,9%.

(Baca Selengkapnya: Ketimpangan Gender Indonesia Tertinggi di ASEAN, Singapura Terendah)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.