Survei Charta Politika: Elektabilitas Khofifah Sebagai Cagub Masih Unggul di Jatim

Demografi
1
Monavia Ayu Rizaty 17/03/2022 13:50 WIB
Elektabilitas Pilkada Provinsi Jawa Timur (Februari 2022)
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Elektabilitas Khofifah Indar Parawansa sebagai calon gubernur (cagub) Jawa Timur (Jatim) masih unggul dalam simulasi elektabilitas Pilkada Jatim berdasarkan Charta Politika. Gubernur Jatim itu mendapatkan elektabilitas mencapai 41,7%.

Charta Politika melakukan "Survei Preferensi Sosial dan Politik Masyarakat Tahun 2022" di Provinsi Jawa Barat, Jawa Timur, dan Lampung yang dirilis pada Rabu (16/3/2022). Salah satunya terkait dengan elektabilitas partai politik.

Elektabilitas Menteri Sosial RI, Tri Rismaharini sebesar 14,9%. Sementara, nama-nama lainnya masih berada di bawah 10%.

Kemudian, pada simulasi partai politik di Jawa Timur, sebanyak 28,5% masyarakat Jawa Timur memilih PDIP, sedangkan sebanyak 25% masyarakat memilih PKB, dan sebanyak 9,8% masyarakat memilih Gerindra.

Untuk simulasi elektabilitas calon presiden di Jawa Timur, Ganjar Pranowo masih unggul (24,9%) dibandingkan dengan nama lain, seperti Prabowo Subianto (16,4%) dan Anies Baswedan (15,1%).

Survei ini dilakukan pada tanggal 3 – 9 Februari 2022. Metode yang digunakan pada survei adalah multistage random sampling dengan jumlah sampel di Provinsi Jawa Timur sebesar 1.210 responden. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara tatap muka dengan protokol kesehatan yang ketat.

(Baca Selengkapnya: LSI: Mayoritas Pemilih Jokowi maupun Prabowo Tolak Pemilu Ditunda)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.