Abramovich Pemilik Klub Paling Royal dalam "The Big Six" Liga Inggris

Olahraga
1
Reza Pahlevi 11/03/2022 13:20 WIB
Penyaluran Dana Pemilik 6 Klub Besar Liga Inggris (2012-2021)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Operasional klub sepak bola Chelsea dibatasi setelah pemerintah Inggris memberi sanksi kepada pemiliknya, Roman Abramovich.

Sanksi ini diberikan karena pemerintah Inggris menganggap Abramovich dekat dengan Presiden Rusia Vladimir Putin yang memimpin serangan terhadap Ukraina.

Dalam 10 tahun terakhir, Abramovich tercatat telah menyalurkan dana sebesar 701 juta poundsterling atau sekitar Rp13,13 triliun ke klub Chelsea. Pendanaan ini merupakan yang terbesar di antara "The Big Six" atau 6 klub besar di Liga Inggris.

Nilai tersebut mengalahkan pendanaan Sheikh Mansour untuk klub miliknya, yaitu Manchester City, yang jumlahnya 684 juta poundsterling dalam periode sama. Padahal, Pangeran Abu Dhabi ini memiliki kekayaan fantastis dari bisnis minyak dan gas.

Dua klub selanjutnya didanai oleh konglomerat Amerika Serikat. Pemilik klub Arsenal, Stan Kroenke, telah menghabiskan 211 juta poundsterling selama 10 tahun terakhir. Sementara itu pemilik klub Liverpool, John Henry, menyalurkan 110 juta poundsterling.

Sedangkan dua klub lainnya, yaitu Tottenham Hotspur dan Manchester United, tidak tercatat memiliki pendanaan dari pemiliknya dalam 10 tahun terakhir.

Saat ini pemerintah Inggris tetap memperbolehkan Chelsea bermain, tetapi melarang adanya pemasukan ke klub. Ini berarti tidak ada pemasukan dari tiket, hanya pemegang tiket terusan yang dapat menonton Chelsea.

(Baca Juga: Berapa Nilai Akuisisi Klub Sepak Bola Termahal?)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua