Dibayangi Sanksi karena Perang, Ini 5 Bank Terbesar di Rusia

Keuangan
1
Monavia Ayu Rizaty 01/03/2022 11:00 WIB
Total Aset 5 Bank Terbesar Rusia (2021)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Agresi militer Rusia terhadap Ukraina masih terus berlangsung. Invasi itu menuai reaksi dari sejumlah pihak, termasuk beberapa negara. Amerika Serikat memberlakukan sanksi yang menargetkan lima bank besar Rusia, termasuk Sberbank dan VTB yang didukung oleh negara.

Jerman, Prancis, Italia, Inggris serta Kanada juga mengumumkan akan mengeluarkan beberapa bank Rusia dari Society for Worldwide Interbank Financial Telecommunication (SWIFT), atau yang menghubungkan lebih dari 9.000 lembaga sekuritas dan nasabah korporasi di 209 negara.

Lantas, apa saja bank-bank terbesar di Rusia dan memiliki pengaruh yang kuat terhadap perekonomian Negeri Beruang Putih tersebut? Melansir dari corporatefinanceinstitute.com, inilah 5 bank terbesar di Rusia berdasarkan jumlah total aset.

  1. Sberbank – US$ 358,8 Juta
  2. VTB Bank - US$ 177,8 Juta
  3. Gazprombank – US$ 72,05 Juta
  4. Alfa Bank – US$ 45,06 Juta
  5. PromSvyaz Bank – US$ 29,6 Juta

Sberbank adalah bank milik negara Rusia yang berkantor pusat di Moscow. Didirikan pada 1841, bank ini menyediakan layanan keuangan untuk klien ritel dan korporat. Sberbank mengelola 11 bank regional di Rusia, 79 cabang bank regional, dan 14.162 cabang. Bank ini hadir di 22 negara dan melayani total 145,6 juta nasabah.

Bank-bank terbesar Rusia mengabaikan dampak sanksi yang dijatuhkan oleh Amerika Serikat setelah Rusia meluncurkan operasi militer ke Ukraina. Bank-bank tersebut menyatakan terus beroperasi secara normal.

 (Baca Selengkapnya: Negara-Negara Pembeli Senjata dari Rusia, India Teratas)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua