Pakistan dan Mesir Sudah Kembali Normal seperti Pra-Pandemi

Layanan konsumen & Kesehatan
1
Vika Azkiya Dihni 22/02/2022 11:00 WIB
10 Negara dengan Skor Global Normalcy Index Tertinggi (per 11 Februari 2022)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Aktivitas penduduk Mesir dan Pakistan sudah kembali ke normal seperti sebelum adanya pandemi Covid-19. Hal ini disampaikan The Economist dalam laporan bertajuk The Global Normalcy Index.

The Global Normalcy Index memberikan gambaran umum tentang aktivitas warga dunia di tengah pandemi Covid-19.

Adapun skor indeks berada di skala 0-100, di mana skor 100 menunjukkan bahwa aktivitas warga sudah kembali normal seperti sebelum pandemi.

Menurut The Economist, Pakistan dan Mesir sudah mencatatkan indeks kenormalan lebih dari 100, yakni masing-masing sebesar 106,1 dan 102,7 per 11 Februari 2022.

Indeks kenormalan ini terdiri dari delapan indikator yang dihimpun dalam tiga kategori besar, yaitu:

1. Transportasi dan Perjalanan

Kategori transportasi dan perjalanan memuat data aktivitas transportasi umum di kota-kota besar, kemacetan, serta jumlah penumpang penerbangan domestik maupun internasional.

2. Rekreasi dan Hiburan

Kategori rekreasi dan hiburan terdiri dari data durasi orang menghabiskan waktu di luar rumah, pendapatan box office bioskop, serta intensitas warga yang menghadiri acara olahraga.

3. Ritel dan Pekerjaan

Kategori ini disusun dari data data aktivitas berbelanja ritel dan angka okupansi karyawan perkantoran.

Indonesia Belum Normal

The Economist merangkum indeks kenormalan dari 50 negara dengan ekonomi terbesar dan populasi terbanyak, salah satunya Indonesia.

Indonesia berada di posisi ke-31 dunia dengan indeks kenormalan 65. Tingkat kenormalan Indonesia dinilai masih rendah karena aktivitas penerbangan domestik maupun internasional masih sangat terbatas. Rata-rata angka indeks penerbangan per 11 Februari 2022 di Tanah Air hanya berada di angka 9,3 dari 100.

Adapun secara global, skor indeks kenormalan dunia berada di angka 73 dari 100. Beberapa aktivitas yang mulai pulih adalah aktivitas masyarakat berbelanja ritel dan menghabiskan waktu di luar rumah.

(Baca Juga: Total Kasus Covid-19 Indonesia Urutan Ke-4 di Asia)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua