Singapura Negara Paling Makmur di Asia Tenggara, Indonesia Peringkat Berapa?

Demografi
1
Vika Azkiya Dihni 14/02/2022 21:40 WIB
Indeks Kemakmuran Negara-Negara Asia Tenggara (2021)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Legatum Institute kembali merilis laporan World Prosperity Index atau Indeks Kemakmuran Dunia pada akhir 2021.

Menurut laporan tersebut, Singapura merupakan negara paling makmur di Asia Tenggara, dengan skor rata-rata 79,05. Sementara Indonesia berada di peringkat ketiga Asia Tenggara dengan skor 60,61.

Indikator Penilaian Kemakmuran Negara

Legatum Institute mengukur tingkat kemakmuran 167 negara dengan rentang skor 1-100. Semakin tinggi skor yang diraih, artinya semakin makmur negara tersebut

Adapun indeksnya dihitung berdasarkan 12 elemen kemakmuran yang dikelompokkan menjadi tiga variabel utama, yaitu masyarakat inklusif, ekonomi terbuka, dan masyarakat berdaya, dengan penjelasan sebagai berikut:

  • Masyarakat Inklusif

Masyarakat inklusif menjadi syarat penting bagi kemakmuran suatu negara. Elemen-elemen dalam variabel ini terkait dengan hubungan antara masyarakat dan negara, kekerasan dalam sosial, kebebasan kelompok dan individu dalam berinteraksi, serta cara individu berinteraksi. Adapun hal yang dinilai dalam variabel ini adalah keamanan dan keselamatan, kebebasan pribadi, tata kelola pemerintah, serta modal sosial.

  • Ekonomi Terbuka

Dalam variabel ini, Legatum Institute mengukur sejauh mana kemampuan negara dalam mendukung persaingan ekonomi yang sehat, mendorong inovasi dan investasi, mempromosikan bisnis dan perdagangan, dan memfasilitasi pertumbuhan inklusif. Elemen dalam variabel ini antara lain lingkungan investasi, kondisi perusahaan, akses pasar dan infrastruktur, serta kualitas ekonomi.

  • Masyarakat Berdaya

Variabel masyarakat berdaya memperhitungkan sumber daya yang dibutuhkan suatu negara untuk menjadi makmur. Ada empat hal yang dinilai dalam variabel ini, yaitu kondisi hidup, pendidikan, kesehatan, dan lingkungan alam.

Berdasarkan variabel penilaian di atas, Legatum Institute memberi skor indeks kemakmuran negara-negara di Asia Tenggara sebagai berikut:

1. Singapura: 79,05

2. Malaysia: 67,25

3. Indonesia: 60,61

4. Thailand: 60,51

5. Vietnam: 58,69

6. Filipina: 56,75

7. Laos: 50,13

8. Kamjoba: 49,15

9. Myanmar: 45,62 

Indonesia: Modal Sosial Tinggi, Kualitas Hidup Kurang

Menurut Legatum Institute, tingkat kemakmuran Indonesia berada di peringkat ke-62 di skala global. Posisi Indonesia turun satu peringkat dibandingkan tahun sebelumnya di posisi 61, namun sudah naik 10 level dibandingkan posisi pada 2011.

Untuk tahun 2021 Indonesia dinilai memiliki peringkat tinggi di indikator modal sosial.

Indikator modal sosial mengukur seberapa erat hubungan antar anggota masyarakat dalam hal saling percaya, menghormati, dan membantu. Dalam hal ini Indonesia berada di peringkat ke-2 di Asia Tenggara, serta peringkat ke-15 secara global dengan skor 76,27.

Namun, kondisi hidup di Indonesia dinilai rendah. Kualitas tempat tinggal, layanan dasar, dan konektivitas di Indonesia dinilai belum cukup baik,  sehingga dalam hal ini Indonesia mendapat skor 64,7 dan berada di peringkat ke-108 dunia. 

(Baca Juga: 10 Kota dengan Tingkat Kriminalitas Tertinggi di Asia Tenggara, Jakarta Urutan 8)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua