Jawa Barat Jadi Produsen Telur Itik Terbesar di Indonesia

Agroindustri
1
Vika Azkiya Dihni 28/12/2021 13:00 WIB
10 Provinsi dengan Produksi Telur Itik Terbesar (2021*)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Itik merupakan salah satu golongan unggas yang sudah banyak berkembang di peternakan Indonesia, meskipun belum sepopuler ayam. Itik memiliki potensi besar sebagai penghasil telur dan daging.

Menurut Kementerian Pertanian (Kementan), produksi telur itik nasional mencapai 329,56 ribu ton pada 2021 yang mana produksi terbesarnya berada di Jawa Barat. Produksi telur itik di provinsi dengan Ibu kota Bandung itu tercatat sebesar 61,9 ribu ton.

Produksi telur itik yang banyak di Jawa Barat itu lantaran provinsi tersebut memiliki populasi itik yang terbesar. Tercatat, populasi itik di Jawa Barat sebesar 9,92 ribu ekor.

Jawa Timur ada di peringkat kedua dengan produski telur itik sebanyak 43,21 ribu ton. Masih di wilayah Jawa, produksi telur itik di Jawa Tengah terbesar ketiga, yakni 36,08 ribu ton.

Lalu, Kalimantan Selatan dan Sulawesi Selatan berada di posisi berikutnya dengan produksi telur itik masing-masing 35,7 ribu ton dan 33,59 ribu ton. Setelahnya ada Sumatera Selatan dengan 22,26 ribu ton.

(Baca: Jawa Timur Pemasok Daging Sapi Terbesar Nasional)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua