Brasil, Negara Produsen Kedelai Terbesar di Dunia

Produk Konsumen
1
Monavia Ayu Rizaty 26/11/2021 13:10 WIB
7 Negara Produsen Kedelai Terbesar di Dunia (2019-2020)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Kebutuhan masyarakat dunia akan kedelai terus meningkat setiap tahun, tak terkecuali di Indonesia. Oleh karena itu, kedelai menjadi salah satu komoditas yang cukup penting dalam perdagangan internasional. Berdasarkan data World Atlas, Brasil tercatat sebagai negara penghasil kedelai terbesar di dunia.

Jumlah pasokan kedelai yang diproduksi Brasil mencapai 124 juta metrik ton pada 2019-2020. Tak hanya itu, kedelai merupakan produk utama pertanian Brasil dan salah satu produk ekspor andalan.

Pemasok kedelai terbesar di dunia urutan kedua ditempati Amerika Serikat dengan produksi sebesar 96,79 juta metrik ton. Produksi kedelai Amerika Serikat sebagian besar diserap oleh pasar Tiongkok. Argentina berada di urutan berikutnya dengan 51 juta metrik ton.

Di urutan selanjutnya ada Tiongkok yang bisa memproduksi 18,1 juta metrik ton. Disusul Paraguay yang memasok kedelai dunia sebanyak 9,9 juta metrik ton. Sementara, produksi kedelai India dan Kanada masing-masing sebanyak 9,3 juta metrik ton dan 6 juta metrik ton.

Produksi kedelai global diperkirakan akan terus meningkat dalam beberapa dekade mendatang. Organisasi Pangan dan Pertanian Perserikatan Bangsa-Bangsa (FAO) memperkirakan bahwa produksi kedelai terus meningkat dari sekitar 276 juta metrik ton pada 2013 menjadi 390 juta metrik ton pada 2050.

(Baca Selengkapnya: Pandemi Dorong Peningkatan Ketersediaan Konsumsi Kedelai per Kapita pada 2020)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua