Jawa Tengah Miliki Jumlah Pahlawan Nasional Terbanyak

Demografi
1
Monavia Ayu Rizaty 09/11/2021 17:00 WIB
10 Provinsi dengan Jumlah Pahlawan Terbanyak (2020)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Indonesia telah menobatkan 191 pahlawan nasional hingga 2020. Mereka berasal dari berbagai provinsi di tanah air.

Berdasarkan data Direktorat Kepahlawanan, Keperintisan, Kesetiakawanan, dan Restorasi Sosial (K2KRS) Kementerian Sosial (Kemensos), Jawa Tengah merupakan provinsi yang memiliki jumlah pahlawan nasional terbanyak, yakni 30 orang. Beberapa nama pahlawan dari Jawa Tengah, antara lain KH. Abdul Wahid Hasjim, Prof. DR. Supomo, dan KH. Samanhudi.

Sebanyak 27 orang pahlawan nasional tercatat berasal dari Jawa Timur. Kemudian, ada 23 pahlawan nasoinal yang berasal dari Yogyakarta.

Pahlawan nasional asal Sumatera Barat dan Sumatera Utara masing-masing sebanyak 13 orang dan 12 orang. Kemudian, pahlawan nasional dari Jawa Barat dan Sulawesi Selatan sama-sama sebanyak 10 orang.

Sebanyak delapan pahlawan nasional berasal dari Aceh. Lalu, pahlawan nasional yang berasal dari Sulawesi Utara dan DKI Jakarta masing-masing sebanyak enam orang dan lima orang.

Indonesia bakal memperingati Hari Pahlawan Nasional pada Rabu, 10 November 2021. Peringatan Hari Pahlawan Nasional diyakini akan menumbuhkan rasa hormat terhadap jasa para pahlawan serta memotivasi masyarakat terus membangun bangsa.

(Baca: Tiongkok Rajai Produksi Batu Bara pada 2020, Indonesia Peringkat Berapa?)

Data Populer
Lihat Semua