Inilah Deretan Jalan Raya Terpanjang di Dunia, Ada yang Capai 30,5 Ribu Km

10 Jalan Raya Terpanjang di Dunia (Km)

Sumber : Travel Trivia,

Disalin..

Penulis: Monavia Ayu Rizaty

Editor: Annissa Mutia

22/10/2021, 11.20 WIB

Jalan raya menjadi infrastruktur yang sangat penting untuk mempermudah mobilisasi sehingga dapat menunjang aktivitas ekonomi dan bisnis di suatu daerah. Jalan raya tidak hanya menghubungkan dua tempat yang berjauhan, tetapi juga memangkas biaya transportasi.

Beberapa negara di dunia telah memahami pentingnya keberadaan akses transportasi dengan jalan raya. Bahkan ada yang membangun jalur jalan raya dengan sangat panjang, yakni hingga lebih dari 30.000 km. Dilansir dari traveltrivia.com, berikut ini sepuluh jalan raya terpanjang di dunia hingga saat ini.

1. Pan-American Highway (30.577,5 Km)

Pan-American Highway menghubungkan Amerika Utara dan Amerika Selatan. Awalnya, jalan ini merupakan rute tunggal dengan panjang sekitar 5.390 km dari Nuevo Laredo, Meksiko menuju Panama City. Akhirnya, jalan ini membentang dari Alaska, Kanada menuju Chile, Argentina, dan Brazil.

2. Highway 1 (14.500,2 Km)

Highway 1 berada di Australia dan merupakan akses jalan yang melewati semua ibu kota negara bagian di Australia. Pembangunannya dimulai pada 1955 dengan persetujuan dari berbagai wilayah bagian di Australia.

3. Trans-Siberian Highway (10.943,5 Km)

Trans Siberia membentang dari seluruh penjuru negeri di Rusia. Jalan raya ini terbentang dari St. Petersburg ke Vladivistok atau dari Laut Baltik di Atlantik ke Samudra Pasifik yang sebagian besar jalan dibangun oleh narapidana.

4. Trans-Canada Highway (7.821,4 Km)

Trans-Canada Highway merupakan jalan raya utama di Kanada. Jalan ini memanjang dari barat menuju timur antara Pasifik dan pantai Atlantik 7,8 km, antara Victoria (Pulau Vancouver, British Columbia) dan St John’s (Newfoundland, Newfoundland and Labrador).

5. Golden Quadrilateral National Highway (5.845,1 Km)

Golden Quadrilateral National Highway membentang dari Tongjiang di Provinsi Heilongjiang menuju Sanya di Hainan, Tiongkok dan merupakan salah satu jalan terpanjang di Tiongkok. Pembangunan jalan raya ini dipandang sebagai kunci mempercepat pembangunan infrastruktur Tiongkok.

6. U.S. Route 20 (5.415,4 Km)

U.S. Route 20 adalah jalan rayadi  Amerika Serikat yang membentang dari timur ke barat. Jalan raya ini melintasi 9 negara bagian, dengan Boston sebagai ujung timur dan Oregon sebagai ujung baratnya.  

7. Ruta 40 (5.193,3 Km)

Ruta 40 dimulai dari Cabo Vírgenes di selatan Argentina, kemudian menuju ke dataran Pantagonia yang terpencil, terus ke arah utara menuju Pegunungan Ades dan naik ke dataran tinggi Abra del Acay, sebelum akhirnya berhenti di La Quiaca.

8. U.S. Route 6 (5.148,3 Km)

Jalan yang juga dikenal sebagai Grand Army of Republic Highway ini membentang dari Bishop, California, Provincetown, sampai Massachusetts, Amerika Serikat.

9. Interstate 90 (4.860,2 Km)

Jalan raya di Amerika Serikat ini menghubungkan Seattle di Pantai Barat Amerika hingga Boston, negara bagian di Pantai Timur Amerika.

10. Interstate 80 (4.665,5 Km)

Interstate 80 menghubungkan Pantai Timur Amerika dan Pantai Barat Amerika. Berbeda dengan Interstate 90 Highway, Interstate 80 Highway menghubungkan San Francisco, California, menuju Teaneck, New Jersey.

(Baca Selengkapnya: Terbesar dalam Enam Tahun, Anggaran Infrastruktur Capai Rp 417,4 Triliun pada 2021)

data terkait