Jumlah Tentara Aktif Tiongkok Terbesar di Dunia pada 2021

Ekonomi & Makro
1
Monavia Ayu Rizaty 16/09/2021 10:40 WIB
Negara dengan Jumlah Tentara Aktif Terbesar di Dunia (2021)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Kekuatan militer adalah salah satu faktor penting dalam menjaga kedaulatan sebuah negara. Terutama ancaman yang berasal dari serangan darat, laut, hingga udara. Salah satu indikator kekuatan militer tersebut adalah jumlah tentara aktif yang dimiliki.

Berikut daftar lima negara yang memiliki jumlah tentara aktif terbesar di dunia pada 2021 menurut data World Population Review.

  1. Tiongkok

Tiongkok menempati peringkat pertama negara dengan jumlah personel tentara aktif terbesar dunia, yakni mencapai 2,03 juta tentara. Anggaran militer yang dikeluarkan pemerintah Tiongkok juga sangat besar yakni US$ 216 miliar atau sekitar Rp 3,07 kuadriliun. Menurut Global Firepower, kekuatan militer Tiongkok berada di peringkat ketiga dunia dengan skor 0,086 poin.

  1. India

Di urutan kedua adalah India dengan jumlah personel tentara aktif sebesar 1,44 juta. India menganggarkan US$ 50 miliar dolar AS atau setara Rp 712 triliun untuk bidang militer. Kekuatan militer India berada di peringkat keempat dunia dengan skor 0,12 poin.

  1. Amerika Serikat

Negeri Paman Sam berada di posisi ketiga dengan jumlah personel tentara aktif sebesar 1,37 juta. Anggaran yang dikeluarkan oleh pemerintah Amerika Serikat sebesar US$ 601 miliar atau setara Rp 8 kuadriliun. Kekuatan militer Amerika Serikat berada di peringkat pertama dunia dengan skor 0,072 poin.

  1. Rusia

Rusia menempati posisi keempat dengan memiliki jumlah personel tentara aktif sebesar 1,013 juta. nggaran yang dikeluarkan pemerintah Rusia untuk militer mencapai US$ 84,5 miliar atau sekitar Rp 1,2 kuadriliun. Kekuatan militer Rusia berada di peringkat kedua dunia dengan skor 0,079 poin.

  1. Korea Utara

Di urutan kelima adalah Korea Utara dengan jumlah personel tentara aktif sebesar 950 ribu. Korea Utara tidak mempublikasikan anggaran militer mereka, namun menurut data Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat, anggaran militer Korea Utara pada 2019 sebesar US$ 3,6 miliar atau sekitar Rp 51,18 triliun.

(Baca Selengkapnya: Global Firepower: Peringkat 16 Dunia, Kekuatan Militer Indonesia Semakin Disegani)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua