56% Pelanggaran Kebebasan Beragama Dilakukan Aktor Negara pada 2020

7 Aktor Negara dengan Tindakan Pelanggaran Kebebasan Beragama Tertinggi di Indonesia (2020)

Sumber : Setara Institute, 6 April 2021

Disalin..

Penulis: Andrea Lidwina

Editor: Dimas Jarot Bayu

8/4/2021, 09.30 WIB

Pelanggaran terhadap kebebasan beragama masih kerap terjadi di Indonesia. Laporan SETARA Institute menyebutkan ada 422 tindakan pelanggaran pada 2020. Sebanyak 238 tindakan atau 56,4% di antaranya dilakukan oleh aktor negara.

Aktor negara yang paling banyak melakukan pelanggaran kebebasan beragama adalah pemerintah daerah dan kepolisian, masing-masing sebanyak 42 tindakan. Kejaksaan tercatat melakukan 14 pelanggaran terhadap kebebasan beragama.

Sebanyak 13 pelanggaran terhadap kebebasan beragama yang dilakukan Satpol PP. Sementara, sembilan pelanggaran terhadap kebebasan beragama dilakukan oleh Pengadilan Negeri.

(Baca: KontraS: 48 Peristiwa Pelanggaran Beragama Terjadi selama Setahun Terakhir)

Adapun, jenis pelanggaran yang paling banyak dilakukan aktor negara berupa diskriminasi, yakni 71 tindakan. Ada pula pelanggaran lainnya oleh aktor negara dalam bentuk penangkapan, penetapan tersangka penodaan agama, dan pelarangan kegiatan.

data terkait

Anda memiliki 4 kuota artikel lagi hari ini. Silakan masuk atau mendaftar terlebih dahulu untuk mengakses seluruh artikel dan beberapa fitur lainnya.