42 Persen Penyintas Covid-19 Alami Gangguan Kecemasan

Jenis Gangguan Psikologis yang Dialami Penyintas Covid-19 Per Agustus 2020 (%)

Sumber : Reuters,

Disalin..

Penulis: Melati Kristina Andriarsi

Editor: Arie Mega Prastiwi

15/11/2020, 18.04 WIB

Penyintas Covid-19 rentan mengalami gangguan psikologis termasuk depresi, kecemasan hingga gangguan stres pascatrauma (PTSD). Mengutip dari Reuters, berdasarkan survei dari 402 pasien Covid-19 yang dipantau oleh Rumah Sakit San Raffaele di Milan menunjukkan wanita lebih banyak mengalami kecemasan dan depresi.

Adapun gangguan kecemasan menjadi masalah psikologis terbanyak dialami oleh pasien dengan persentase sebesar 42 persen. Sementara gangguan tidur atau insomnia dialami sebanyak 40 persen pasien Covid-19. Selain kedua gangguan psikologis tersebut, pasien juga mengalami depresi, gangguan stres pascatrauma (PTSD), dan obsesif-kompulsif dengan persentase masing-masing 31 persen, 28 persen, dan 20 persen.

Gangguan psikologis yang dialami penyintas Covid-19 terjadi dipicu oleh faktor stres psikologis seperti stigma, isolasi sosial, hingga kekhawatiran akan menularkan orang lain.

data terkait

Anda memiliki 4 kuota artikel lagi hari ini. Silakan masuk atau mendaftar terlebih dahulu untuk mengakses seluruh artikel dan beberapa fitur lainnya.