Mobilitas Warga Meningkat saat Libur Panjang Akhir Oktober

Demografi
1
Yosepha Pusparisa 12/11/2020 09:00 WIB
Mobilitas Masyarakat Sebelum dan Saat Libur Panjang
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Pergerakan masyarakat Indonesia rata-rata masih lebih rendah dibanding sebelum pandemi Covid-19. Kendati demikian, mobilitas masyarakat meningkat saat cuti bersama pada akhir Oktober 2020 lalu.

Periode sebelum libur panjang terjadi pada 19-25 Oktober 2020. Sementara periode saat libur panjang di rentang 26 Oktober hingga 1 November 2020. Pada kedua periode waktu tersebut, peningkatan mobilitas tertinggi berada di area taman. Dari -11,3% naik menjadi -0,6%. Sebab terjadi kenaikan 10,7 poin dalam dua periode waktu tersebut. Selain itu, peningkatan mobilitas juga ditemukan di stasiun transit, toko retail dan rekreasi, serta toko grosir dan farmasi.

Sebaliknya, penurunan mobilitas terjadi di tempat kerja dan perumahan saat libur tiba. Keduanya menurun 11,1 poin dan 1,1 poin dibanding sepekan sebelum liburan. 

Dalam indeks yang disusun Google tersebut, angka nol merupakan kondisi normal ketika belum terjadi pandemi.

Pemerintah gencar mengimbau masyarakat supaya terus melakukan Gerakan 3M. Masyarakat diharapkan membiasakan diri untuk mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, memakai masker, serta menjaga jarak. Tindakan-tindakan tersebut dilakukan guna menekan laju penularan Covid-19.

(Baca: Hanya 13 Provinsi dengan Rasio Kesembuhan Covid-19 Lampaui Rerata Nasional)  

Data Populer
Lihat Semua