Ratusan Vaksin Covid-19 Tengah Diuji Coba

Layanan konsumen & Kesehatan
1
Yosepha Pusparisa 23/06/2020 12:45 WIB
Fase Uji Coba Vaksin
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Para peneliti di seluruh dunia tengah berlomba-lomba untuk menemukan vaksin Covid-19. Lebih dari 140 vaksin sedang dikembangkan untuk melawan penyakit tersebut. Pada umumnya proses pembuatan vaksin memakan waktu bertahun-tahun sebelum disebarluaskan. Namun para ilmuwan mempercepat pembuatan vaksin Covid-19 yang aman dan efektif yang ditargetkan tahun depan dapat digunakan.

Pembuatan vaksin terbagi atas beberapa fase. Uji praklinis, vaksin yang belum diuji coba pada manusia. Hingga Senin (22/6), lebih dari 125 vaksin masih dalam fase tersebut. Selanjutnya dalam fase I terdapat 10 vaksin yang diuji coba terkait keamanannya.

(Baca: Ini Vaksin yang Paling Banyak Digunakan Dunia)

Fase II terdapat uji pengembangan. Dalam fase ini, ada delapan vaksin yang tengah diuji coba dan mulai diberikan pada ratusan orang yang terbagi dalam beberapa kelompok. Fase III merupakan uji kemanjuran. Dalam tahap ini, masih dua vaksin yang mulai diuji coba pada ribuan orang (tes skala besar). Terakhir, belum ada vaksin yang memasuki fase persetujuan, yakni regulator tiap negara meninjau vaksin dan memutuskan untuk menggunakannya atau tidak.

Editor : Safrezi Fitra
Data Populer
Lihat Semua