Empat Alasan Penjual Menutup Toko Fisik

Politik
1
Dwi Hadya Jayani 03/10/2019 12:00 WIB
Alasan Menutup Toko Fisik
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Hasil survei Paxel dan Media Buffet menunjukkan, berjualan dengan mengandalkan toko fisik dinilai sudah tidak relevan lagi. Sebanyak 66% respoden yang memiliki toko fisik mengaku pendapatan dari penjualan online telah melebihi pendapatan dari toko fisik. Survei ini memaparkan empat alasan penjual menutup toko fisik mereka. Alasan utama karena berjualan melalui online lebih menguntungkan dari berjualan di toko fisik, yaitu sebanyak 67%.

Adanya kemudahan jual beli dalam e-commerce telah memangkas keterbatasan jangkauan geografis antara penjual dan pembeli. Maka dari itu, penjual dapat menjangkau pembeli potensial yang lebih luas. Alasan kedua sebanyak 48% penjual mengikuti perkembangan zaman. Overhead cost yang lebih rendah juga menjadi alasan selanjutnya sebesar 47%. Terakhir, sebanyak 15% penjual menganggap menjual secara offline lebih sulit.

Survei ini diselenggarakan pada Januari-Juni 2019 yang melibatkan 535 responden. Responden dikategorikan menjadi tiga yaitu sebanyak 33% baru berbisnis dari satu tahun (Beginner Seller), 33% telah berbisnis selama satu hingga dua tahun (Experienced Seller), dan 34% telah berbisnis lebih dari dua tahun (Veteran Seller).

(Baca Databoks: Indonesia Jadi Negara dengan Pertumbuhan E-commerce Tercepat di Dunia)

 

Editor : Hari Widowati
Data Populer
Lihat Semua