Biaya Pendidikan SMA di Jakarta Dua Kali Lipat dari Rerata Nasional

Layanan konsumen & Kesehatan
1
Viva Budy Kusnandar 09/07/2019 19:00 WIB
Biaya Pendidikan Tingkat SMA Menurut Provinsi Tahun Ajaran 2017/2018
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Menurut Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) Modul Sosial Budaya dan Pendidikan 2018, rerata total biaya pendidikan nasional tingkat SMA mencapai Rp 6,53 juta. Sementara biaya pendidikan tingkat SMA di DKI Jakarta mencapai Rp 13,44 juta. Artinya, biaya pendidikan di Ibu Kota pada tahun ajaran 2017/2018 mencapai dua kali lipat dari rerata biaya pendidikan nasional.

Biaya pendidikan tingkat SMAdi DKI Jakarta merupakan yang termahal dibanding provinsi lainnya seperti terlihat pada grafik di bawah ini. Adapun provinsi dengan berbiaya pendidikan termurah adalah Sulawesi Barat, yakni hanya Rp 3,02 juta atau 22% dari biaya pendidikan di DKI Jakarta.

Total biaya pendidikan peserta didik tersebut terdiri atas biaya yang dibayarkan kepada sekolah seperti uang pendaftaran maupun yang dinikmati oleh peserta didik seperti uang saku dan transport. Guna meringankan beban biaya peserta didik, pemerintah juga telah menyalurkan bantuan untuk pendidikan, seperti Bantuan Operasional Sekolah (BOS) maupun Program Indonesia Pintar (PIP).

(Baca Databoks: Inilah 10 Kabupaten dengan Alokasi Dana Pendidikan Terendah 2017)

Editor : Hari Widowati
Data Populer
Lihat Semua