Inilah 10 Kabupaten dengan Alokasi Dana Pendidikan Terendah 2017

Layanan konsumen & Kesehatan
27/07/2018 08:18 WIB
10 Kabupaten/Kota dengan Alokasi Dana Pendidikan Terendah (2017)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2018, belanja pemerintah pusat mencapai Rp 2.220,66 triliun. Dari total tersebut, sebesar Rp 444,13 triliun dialokasikan untuk anggaran pendidikan. Artinya, sekitar 20% dari total anggaran pemerintah pusat dialokasikan untuk bidang pendidikan.

Akan tetapi, tidak semua Pemerintah Daerah (Pemda) mengalokasikan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) untuk pendidikan mencapai 20% seperti pemerintah pusat. Salah satunya adalah Pemda Kabupaten Kediri yang menganggarkan Rp 4,3 miliar atau hanya 0,2% dari total APBD senilai Rp 1,85 triliun.

Rendahnya alokasi anggaran dana pendidikan suatu daerah dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satu adalah karena kurangnya kemampuan dinas pendidikan wilayah tersebut dalam mengelola anggaran yang disediakan. Padahal untuk mencerdaskan generasi penerus bangsa agar tidak tertinggal dengan negara lain membutuhkan anggaran yang besar. Di negara-negara maju bahkan membebaskan biaya pendidikan hingga ke perguruan tinggi untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

Data Populer
Lihat Semua