Jumlah Penduduk Indonesia akan Mencapai Puncaknya pada 2062

Demografi
08/07/2018 14:08 WIB
Jumlah Penduduk Indonesia Menurut Perkiraan PBB (2015-2100)
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Jumlah penduduk Indonesia pada 2018 menurut data Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) mencapai 266,79 juta jiwa. Dengan jumlah tersebut Indonesia masih berada di urutan keempat sebagai negara dengan populasi terbesar di dunia berada di bawah Tiongkok, India dan Amerika Serikat.

Populasi Indonesia diprediksi terus mengalami pertumbuhan dan akan mencapai puncaknya pada 2062 mencapai 324,76 juta jiwa dengan asumsi medium fertility variant. Angka tersebut menempatan Indonesia berada di urutan keenam sebagai negara dengan jumlah penduduk terbesar dunia. Namun, setelah itu jumlah penduduk Indonesia akan mengalami penurunan seiring rendahnya angka kelahiran serta meningkatnya populasi lanjut usia hingga akhir abad 21. Ahasil, jumlah penduduk Indonesia akan menjadi tinggal 306 juta jiwa.

Tingginya angka kelahiran di dua negara kawasan Afrika, yaitu Nigeria dan Kongo serta  di kawasan Asia, yakni Pakistan membuat posisi Indonesia berada di urutan ketujuh sebagai negara berpenduduk terbesar di dunia. Sementara di urutan pertama ditempati India dengan populasi mencapai 1,52 miliar jiwa mengalahkan Tiongkok dengan jumlah penduduk 1,02 miliar jiwa. Sementara jumlah penduduk dunia mencapai 11,2 miliar jiwa.

Editor :
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.