Kota-Kota Ini Mengalahkan Pendapatan Penduduk di Jakarta Utara

10 Kabupaten Kota dengan PDRB per Kapita Terbesar pada 2016

Sumber : Badan Pusat Statistik (BPS), 27 September 2017

Disalin..

24/4/2018, 15.43 WIB

Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) kabupaten kota di Indonesia pada 2016, rata-rata sebesar Rp 45,9 juta per kapita per tahun. Dari total 484 kabupaten kota yang berhasil didata oleh Badan Pusat Statistik (BPS) terdapat 30 daerah dengan nominal per kapita di atas Rp 100 juta per tahun. Daerah dengan pendapatan per kapita tertinggi adalah Jakarta Pusat mencapai Rp 580 juta.

Sedangkan wilayah lain dengan pendapatan per kapita di atas Rp 200 juta diurutkan dari yang terbesar yakni Kab. Kep. Anambas, Kab. Teluk Bintuni, Kota Kediri, Kota Bontang, Kab. Kutai Timur, Kab. Kepulauan Seribu, Kab. Natuna, Kab. Bengkalis, Kota Jakarta Utara dan Kota Jakarta Selatan. Dalam hal ini terdapat delapan daerah dengan pendapatan per kapita lebih besar dibandingkan wilayah lain di Jakarta kecuali Jakarta Pusat.

PDRB merupakan jumlah nilai tambah atas barang dan jasa yang dihasilkan oleh berbagai unit produksi di suatu wilayah. Nominal PDRB bila dibagi dengan jumlah penduduk suatu wilayah akan menghasilkan PDRB per kapita. Hasil perhitungan ini digunakan sebagai pendekatan untuk menghitung pendapatan per kapita penduduk suatu wilayah.

 

TOPIK

PDB

data terkait