Jawa Timur, Provinsi dengan Populasi Sapi Potong Terbesar

15 Februari 2018

Pemerintah berencana mengimpor sapi indukan untuk meningkatkan lonjakan populasi agar dapat memenuhi kebutuhan serta untuk menekan harga daging sapi.

Pemerintah berencana mendatangkan sapi indukan sebanyak 15 ribu ekor dari luar negeri dengan alokasi anggaran senilai Rp 450 miliar. Langkah ini untuk mendorong lonjakan populasi di tanah air agar dapat memenuhi kebutuhan daging sapi domestik serta untuk menekan harga daging sapi. Seperti diketahui, harga daging sapi lokal cukup mahal dan masih berada di atas Rp 100 ribu/kg.

Baca selengkapnya

Berdasarkan Statistik Peternakan dan Kesehatan hewan 2017, angka sementara populasi sapi potong mencapai 16,6 juta ekor. Dari jumlah tersebut, sebanyak 4,5 juta ekor atau 27,4% berada di Jawa Timur dan menjadikan provinsi paling timur di Pulau Jawa tersebut merupakan daerah dengan dengan populasi sapi potong terbesar dibanding daerah lainnya.

Provinsi dengan populasi sapi potong terbesar Jawa Tengah sebesar 10,35% dari total populasi dan Sulawesi Selatan 8,64%. Dari 10 provinsi dengan populasi sapi potong terbesar menguasai 77,4%  atau sekitar 12,84 juta dari total populasi  tanah air.

Tampilkan minimal

10 Provinsi dengan Populasi Sapi Potong Terbesar 2017

 
  • Sumber

    Kementerian Pertanian

  • Rilis

    Kementerian Pertanian 2017

  • Informasi lain

    -

  • Embed Chart

Baca Juga

Statistik Lainnya