Berapa Jemaah Umrah dari Indonesia?

Layanan konsumen & Kesehatan
03/03/2017 18:56 WIB
10 Negara dengan Jemaah Umrah Terbesar Menurut Kementerian Agama dan Umrah Arab Saudi 2016
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Jemaah umrah Indonesia merupakan salah satu yang terbesar di dunia. Menurut Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi, jumlah visa umrah yang telah dikeluarkan untuk Indonesia pada 2016 mencapai 699,6 ribu jemaah, meningkat 7,2 persen dari tahun sebelumnya. Angka ini menjadikan Indonesia sebagai negara dengan jumlah jemaah umrah terbesar ketiga di dunia.

Adapun visa umrah terbanyak yang diterbitkan Pemerintah Arab Saudi pada 2016 kepada Mesir dengan jumlah 1,3 juta jemaah, naik 17 persen dari tahun sebelumnya sebanyak 1,1 juta jemaah. Sementara di urutan kedua Pakistan dengan jumlah visa mencapai 991 ribu jemaah, juga naik 29 persen dari tahun sebelumnya sebanyak 703,85 ribu jemaah. Total visa umrah yang telah diterbitkan pada 2016 mencapai 6,39 juta jemaah, naik 7,5 persen dari tahun sebelumnya sebanyak 5,9 juta jemaah.

Animo penduduk Indonesia untuk melaksanakan ibadah umrah cukup besar. Sebab, untuk dapat melaksanakan rukun Islam kelima, yaitu naik haji butuh antrian hingga puluhan tahun. Hal ini yang membuat bisnis umrah laris di Tanah Air. Dengan merogoh kocek sekitar Rp 20 juta, masyarakat sudah dapat berkunjung ke Tanah Suci sekaligus berekreasi tanpa harus masuk daftar tunggu.

Editor :
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.