Jakarta, Kota dengan Kecepatan Internet Tercepat di Indonesia

Teknologi & Telekomunikasi
24/11/2016 15:21 WIB
Kecepatan Rata-rata Internet di berbagai Daerah
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Pada 2015, Jakarta merupakan daerah dengan kecepatan internet tercepat di Indonesia. Kecepatan rata-rata internet di Jakarta mencapai 7 mega byte per second (Mbps). Hal ini sudah menunjukkan bahwa Jakarta sudah siap menjadi kota dengan standar internasional dari sisi kecepatan internet. Bahkan, kecepatan maksimal yang bisa didapatkan di Jakarta sampai 91,9 Mbps.

Namunm kecepatan internet di Tanah Air belum merata. Bahkan ada sebagian wilayah yang belum terjangkau sinyal telekomunikasi maupun data. Jadi masih ada kesenjangan kecepatan internet antar wilayah, terutama wilayah Jawa dengan luar Jawa. Terlebih lagi dengan wilayah Indonesia bagian timur seperti Maluku dan Papua yang baru menikmati internet dengan kecepatan hanya 0,4 Mbps.

Dalam laporan tahunan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), rata-rata kecepatan internet di Indonesia 4,5 Mbps. Angka ini masih jauh dibandingkan negara-negara lain di dunia. Untuk kategori ini, Korea Selatan masih yang tertinggi, yakni mencapai 29 Mbps. 
(baca : Rata-Rata Kecepatan Internet Indonesia di Bawah Malaysia dan Thailand)

 

Data Populer
Lihat Semua