Beberapa metode pembayaran masih dalam proses aktivasi.
Belanja Iklan Media Televisi, Koran, serta Majalah dan Tabloid (2011-2017)
Unduh
Disalin..
Sumber
Silakan beli artikel ini atau berlangganan untuk mengakses fitur sumber.
KATADATA INSIGHT CENTER
Hubungi KIC untuk permintaan data, riset, dan analisis. Hubungi sekarang »
AKecil
ASedang
ABesar
Berdasarkan Nielsen Advertising Expenditure (Adex) 2017, belanja iklan media konvensional masih tumbuh 8% menjadi Rp 145,5 triliun. Sementara jumlah spot iklan justru berkurang 2% dari tahun sebelumnya. Naiknya rate card membuat belanja iklan media masih mencatat pertumbuhan.
Adapun belanja iklan televisitumbuh 12% menjadi Rp 115,8 triliun dari tahun sebelumnya. Angka tersebut mencapai sekitar 80% dari total belanja iklan. Sedangkan belanja iklan koran turun 3% menjadi Rp 28,5 triliun. Demikian pula belanja iklan majalah dan tabloid menyusut 31% menjadi hanya Rp 1,1 triliun.
Nielsen Adex 2017 diambil dari Ad Intel yang memonitor aktivitas periklanan di Indonesia dari 15 stasiun televisi, 99 surat kabar, serta 120 majalah dan tabloid. Angka belanja iklan tersebut didasarkan pada gross rate card, tanpa memperhitungkan adanya diskon, bonus, promo, harga paket dan lainnya.