Belanja iklan melanjutkan tren peningkatan pada semester I 2022. Nilai belanja meningkat dari periode yang sama tahun-tahun sebelumnya.
Nielsen mencatat belanja iklan pada semester I 2022 sudah mencapai Rp135 triliun. Nilai ini meningkat 7% dari Rp127 triliun pada semester I 2021.
Meski nilai naik 7%, jumlah spot iklan di TV hanya naik 1% menjadi 2,92 juta spot. Nielsen mencatat ada peningkatan rate card iklan di TV sebesar 7% pada semester I 2022.
Belanja iklan memang masih didomonasi untuk televisi sebesar 79,7%. Cakupan pasar ini meningkat 8% dari semester I 2021.
Nielsen mencatat angka belanja iklan berdasarkan gross rate card yang tidak termasuk diskon, promo, paket, dan lain-lain. Nielsen memonitor 15 stasiun televisi, 161 media cetak, 104 radio, 200 situs, 3 media sosial, dan iklan reklame di Jakarta.
(Baca: Pendapatan Iklan Media Digital Vs Tradisional, Siapa Paling Cuan?)