Menurut data Semrush, jumlah kunjungan ke situs Shopee, Tokopedia, dan Blibli turun pada September 2025.
Sedangkan pengunjung situs e-commerce pesaingnya, yaitu Lazada, sedikit bertambah dibanding bulan sebelumnya.
(Baca: E-Commerce yang Sering Diakses Masyarakat Indonesia pada 2025)
Berikut data jumlah kunjungan ke situs-situs e-commerce besar di Indonesia pada September 2025:
1. Shopee Indonesia (Shopee.co.id): 124,3 juta kunjungan, turun 7,8% (mtm)
Pada September 2025, situs Shopee Indonesia meraih 124,3 juta kunjungan dari seluruh dunia.
Perolehannya berkurang sekitar 10,5 juta kunjungan atau turun 7,8% dibanding bulan sebelumnya (month-to-month/mtm).
Pada September 2025, Shopee menggelar berbagai program promo, salah satunya diskon tanggal kembar 9 September (9.9).
Ada pula program Bayar QRIS Serba Seribu, di mana konsumen bisa mendapat harga spesial untuk berbagai produk, dengan syarat membayar lewat QRIS ShopeePay.
2. Tokopedia (Tokopedia.com): 66,2 juta kunjungan, turun 4,8% (mtm)
Situs Tokopedia meraih 66,2 juta kunjungan pada September 2025, berkurang sekitar 3,3 juta kunjungan atau turun 4,8% (mtm).
Pada September 2025, Tokopedia menggelar program Tokopedia Promo Guncang 9.9 yang menawarkan diskon dan gratis ongkos kirim (ongkir) untuk berbagai jenis produk.
Tokopedia juga membuat program Flash Sale Serba 9 yang menawarkan harga spesial untuk beragam produk, dengan syarat pembeliannya dilakukan pada jam-jam tertentu.
3. Lazada Indonesia (Lazada.co.id): 32 juta kunjungan, naik 1,7% (mtm)
Pada September 2025, situs Lazada Indonesia meraih 32 juta kunjungan, bertambah sekitar 542 ribu kunjungan atau naik 1,7% (mtm).
Lazada pun menjadi satu-satunya e-commerce besar di Indonesia yang meraih peningkatan kunjungan situs pada bulan ini.
Pada September 2025, Lazada mengadakan program promo tanggal kembar bertajuk Lazada 9.9 Mega Brands Sale.
Mereka juga menyediakan situs interaktif Keciduk Lazada, di mana konsumen bisa mendapatkan voucher belanja dengan mengikuti permainan di situs tersebut.
4. Blibli (Blibli.com): 13,4 juta kunjungan, turun 32,9% (mtm)
Situs Blibli meraih 13,4 juta kunjungan pada September 2025, berkurang sekitar 6,6 juta kunjungan atau turun 32,9% (mtm).
Pada bulan tersebut, Blibli mengadakan program promo bertajuk Double Day 9.9 Blibli Flagship Festival, yang menawarkan diskon produk dari berbagai flagship store.
Dalam program ini ada diskon setengah harga untuk pembelian produk di jam-jam tertentu, serta voucher diskon ekstra hingga 99% untuk berbagai produk kebutuhan rumah tangga.
(Baca: Daftar E-commerce Paling Banyak Dikunjungi di Indonesia Kuartal I 2025)