Menurut data Semrush, jumlah kunjungan ke situs-situs e-commerce besar di Indonesia turun pada Juni 2025.
Penurunan terjadi di situs Shopee Indonesia (Shopee.co.id), Tokopedia (Tokopedia.com), Lazada Indonesia (Lazada.co.id), dan Blibli (Blibli.com).
(Baca: Jumlah Pesanan Konsumen Shopee Bertambah pada Kuartal I 2025)
Berikut data jumlah kunjungan ke situs e-commerce besar di Indonesia pada Juni 2025, diurutkan dari peringkat teratas:
1. Shopee Indonesia (Shopee.co.id): 126 juta kunjungan, turun 9,1% (mtm)
Pada Juni 2025, situs Shopee Indonesia meraih 126 juta kunjungan dari seluruh dunia. Angkanya berkurang 12,6 juta kunjungan atau menyusut 9,1% dibanding bulan sebelumnya (month-to-month/mtm).
Meski menyusut, Shopee masih menjadi situs e-commerce dengan pengunjung terbanyak di Indonesia, melampaui pesaingnya seperti Tokopedia, Lazada, dan Blibli.
2. Tokopedia (Tokopedia.com): 62,8 juta kunjungan, turun 9,91% (mtm)
Situs Tokopedia meraih 62,8 juta kunjungan pada Juni 2025. Perolehannya berkurang 6,9 juta kunjungan atau menyusut 9,91% (mtm).
Pada Juni 2025 Tokopedia melakukan sejumlah penyesuaian kebijakan untuk penjual.
"Mulai 10 Juni 2025, Biaya program Gratis Ongkir yang akan ditanggung oleh Seller sebesar 6% dengan nilai maksimum Rp40.000 untuk setiap pcs/item/unit produk, di mana ketentuan nilai Gratis Ongkir maksimum sesuai yang dinikmati pembeli sudah tidak berlaku," kata manajemen Tokopedia di situs webnya (3/6/2025).
3. Lazada Indonesia (Lazada.co.id): 32,4 juta kunjungan, turun 8,01% (mtm)
Pada Juni 2025, situs Lazada Indonesia meraih 32,4 juta kunjungan. Angkanya berkurang 2,8 juta kunjungan atau menyusut 8,01% (mtm).
Pada bulan tersebut Lazada melakukan kerja sama promosi dengan GoPay. Pengguna yang berbelanja di Lazada dan menggunakan metode pembayaran GoPay bisa mendapatkan diskon hingga 50% selama periode 11—30 Juni 2025.
Promo tersebut diberikan tanpa minimum transaksi, dan potongan harga diberikan hingga 50% dengan nilai maksimal Rp15.000.
4. Blibli (Blibli.com): 15,4 juta kunjungan, turun 3,1% (mtm)
Situs Blibli meraih 15,4 juta kunjungan pada Juni 2025, berkurang 492 ribu kunjungan atau menyusut 3,1% (mtm).
Pada bulan tersebut Blibli menggelar berbagai program promo, seperti promo tanggal kembar Double Day 6.6 yang berlangsung pada 4—6 Juni 2025, serta Blibli Payday pada 25—27 Juni 2025.
Dalam program Blibli Payday, konsumen dapat menikmati cashback hingga Rp700.000, gratis ongkir, mega flash sale hingga 50% persen, beli 2 gratis 1, dan brand deals sampai 90%.
(Baca: Kisaran Biaya Penjual Shopee, Tokopedia, Lazada, dan Blibli Juni 2025)