Laporan riset pasar Compas menunjukkan, serum wajah menjadi salah satu produk kecantikan yang banyak dibeli konsumen e-commerce Tanah Air.
Pada semester I 2024, tercatat ada lebih dari 5 juta produk serum wajah dengan nilai penjualan lebih dari Rp1,2 triliun yang terjual di Shopee dan Tokopedia.
Berdasarkan merek, Skintific menduduki posisi puncak dengan meraih pangsa 9,8% dari total penjualan serum wajah di e-commerce periode tersebut.
Urutan kedua diisi oleh The Originote yang meraih pangsa 4,9%. Disusul merek lokal lainnya seperti Somethinc dengan pangsa 4,4% dan Avoskin 3,7%.
Lalu serum wajah asal Korea Selatan, Skin1004 menguasai 3,3% pangsa serum wajah dan Ms Glow dengan 2,8%.
Sementara sejumlah merek luar negeri seperti Cosrx, Some by Mi, D’Alba, dan Garnier mendapat pangsa kurang dari 2,5% pada semester I tahun ini.
Riset merek serum wajag dilakukan dengan metode crawling atau penelusuran digital periode Januari-Juni 2024. Data yang dikoleksi berupa penjualan dari toko official maupun non-official dengan rating minimal bintang 4.
(Baca: Ini 10 Merek Pelembab Wajah Terlaris di E-Commerce pada Semester I 2024)