Berdasarkan laporan perusahaan riset pasar Compas, pelembab wajah jadi salah satu produk perawatan kecantikan yang banyak diburu konsumen e-commerce Indonesia.
Pada semester I 2024, tercatat ada 26 juta produk pelembab wajah yang terjual di beberapa e-commerce besar dalam negeri, yakni Shopee, Tokopedia, dan Blibli.
Riset dilakukan menggunakan metode crawling atau penelusuran digital periode Januari-Juli 2024. Data yang dikoleksi berupa penjualan dari toko official maupun non-official dengan rating minimal bintang 4.
Dari penelusuran ini, tersaring 10 merek pelembab wajah terlaris di e-commerce dalam negeri.
Merek lokal The Originote menempati posisi puncak dengan pangsa pasar 7,8% dari total volume penjualan pelembab wajah di e-commerce pada periode tersebut.
Berikutnya ada Skintific dengan pangsa 6,1%. Disusul merek-merek lokal Glad2Glow sebesar 5,1%, Ms Glow 3,6%, dan Wardah 3,5%.
Sementara pelembab wajah lainnya seperti Viva Cosmetics, Kelly, Glow & Lovely, Ponds, dan Azarine pangsanya kurang dari 3% seperti terlihat pada grafik.
(Baca: Ini Produk Kecantikan Terlaris di E-Commerce Indonesia Kuartal I 2024)