Berdasarkan laporan International Data Corporation (IDC), volume pengiriman tablet global mencapai 34,4 juta unit pada kuartal II 2024, naik 22,1% dari kuartal II tahun lalu (year-on-year/yoy).
IDC menyatakan, capaian ini menjadi tanda bahwa pasar tablet telah pulih dari dampak pandemi.
"Kami berharap siklus penyegaran dan pertumbuhan di pasar negara berkembang akan terus membantu pemulihan dalam waktu dekat," kata analis IDC Anuroopa Nataraj dalam laporannya, Jumat (2/8/2024).
Pada kuartal II 2024 Apple masih mendominasi pasar tablet global dengan mengirimkan 12,3 juta unit tablet. Volumenya naik 18,2% (yoy), didukung oleh peluncuran iPad Air dan iPad 2024 Pro dengan chipset M2.
"Volume pengiriman iPad tumbuh di seluruh dunia kecuali di China, di mana persaingan dari pemain lokal seperti Huawei dan Xiaomi memberikan dampak negatif bagi perusahaan," kata tim IDC.
Di urutan kedua ada Samsung yang mendistribusikan 6,9 juta unit tablet pada kuartal II 2024. Volume pengirimannya naik 18,6% (yoy).
Ketiga ada Lenovo dengan pengiriman tablet yang tumbuh 16,7% (yoy) menjadi 2,5 juta unit, diikuti Huawei yang naik 40,3% (yoy) menjadi 2,3 juta unit.
Terakhir, ada Xiaomi yang mengirimkan 2 juta unit tablet secara global. Pabrikan asal China ini meraih pertumbuhan pengiriman tablet tertinggi, yakni 94,7% (yoy).
(Baca: Peta Pasar Produk Apple, Asia-Pasifik Hanya Sumbang 8%)