Ini Industri dengan Belanja Iklan Terbesar pada Semester I 2022


Nama Data | Nilai |
---|---|
Komunikasi & komputer | 1.963 |
Kosmetik & kebersihan | 1.698 |
Minuman | 1.525 |
Makanan | 1.304 |
Farmasi | 699,8 |
Perabotan rumah | 522,98 |
Non-komersial | 461,8 |
Layanan publik & korporat | 432,5 |
Rokok | 292,8 |
Layanan media & promosi | 287,01 |
- A Font Kecil
- A Font Sedang
- A Font Besar
Menurut data Nielsen, industri dengan belanja iklan paling besar di Indonesia pada semester I 2022 adalah industri komputer, komunikasi, dan peralatan kantor.
Industri tersebut tercatat menghabiskan US$1,96 miliar untuk beriklan. Jumlah ini mengalahkan industri kosmetik dan kebersihan yang menghabiskan belanja iklan sebesar US$1,7 miliar pada periode sama.
Industri minuman ringan berada di peringkat ketiga dengan belanja iklan sebesar US$1,53 miliar. Lalu industri makanan menghabiskan belanja iklan sebesar US$1,3 miliar.
Jika dilihat dari perusahaannya, pengiklan terbesar di Indonesia pada semester I 2022 adalah Unilever, diikuti Valorant dan Mayora.
Perusahaan-perusahaan fast moving consumer goods (FMCG) mendominasi daftar 10 pengiklan terbesar. Selain Unilever dan Mayora, ada juga Procter & Gamble, Wings Food, Indofood, Nestle, dan Wings.
(Baca: Pangsa Pasar Iklan Radio dan Media Cetak Ambles pada Semester I 2022)