Pangsa Pasar Iklan Radio dan Media Cetak Ambles pada Semester I 2022

Teknologi & Telekomunikasi
1
Reza Pahlevi 12/08/2022 16:20 WIB
Pangsa Pasar Belanja Iklan di Indonesia Berdasarkan Media (Semester I 2022)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Menurut data Nielsen, nilai belanja iklan di Indonesia mencapai Rp135 triliun pada semester I 2022.

Pada paruh pertama tahun ini televisi dan media digital terus menggerogoti pangsa pasar iklan media cetak dan radio.

Pangsa pasar iklan radio nasional per semester I 2022 hanya tersisa 0,3%, turun 13% (yoy) dari periode yang sama tahun lalu. Sementara pangsa pasar iklan cetak hanya sebesar 4,8%, turun 6% (yoy).

Sebaliknya, pangsa pasar belanja iklan televisi nasional meningkat menjadi 79,7%. Pangsa belanja iklan digital juga kini berada di dua digit, yaitu sebesar 15,2%.

Tak hanya di skala nasional, televisi juga meraih pendapatan iklan terbesar secara global. Meski begitu, raksasa teknologi seperti Google, Meta, dan Amazon bertumbuh pesat.

Jika digabung, pendapatan iklan Google Search, Meta, dan Amazon tercatat sebesar US$310 miliar. Ini jauh melebihi pendapatan iklan semua televisi di dunia yang sebesar US$171 miliar.

(Baca: Pendapatan Iklan Media Digital Vs Tradisional, Siapa Paling Cuan?)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua