Menurut laporan iPrice Group, Tokopedia menjadi situs e-commerce yang paling banyak dikunjungi di Indonesia pada tahun 2021.
Rata-rata pengunjung laman Tokopedia secara bulanan pada periode kuartal I-IV tahun 2021 tercatat mencapai 149,6 juta.
>
Merger yang dilakukan Tokopedia dengan perusahaan transportasi online Gojek pada awal 2021 dinilai menunjukkan dampak positif terhadap peningkatan traffic situsnya.
Sementara Shopee berada di urutan kedua, dengan rata-rata pengunjung bulanan mencapai 131,89 juta. Lalu Bukalapak di urutan ketiga dengan rata-rata pengunjung bulanan 29,88 juta.
Selanjutnya, Lazada di posisi keempat dengan rata-rata pengunjung bulanan sebanyak 28,58 juta, diikuti Blibli 17,51 juta, Orami 10,28 juta, dan Bhinneka 6,08 juta.
Dari daftar ini terlihat bahwa ada lima e-commerce lokal yang berhasil masuk ke daftar 10 peringkat teratas, yaitu Tokopedia, Bukalapak, Blibli, Ralali, dan Bhinneka.
Daftar peringkat teratas ini juga didominasi oleh horizontal e-commerce. Hanya terdapat 3 vertikal e-commerce yang memiliki kunjungan situs tertinggi di tahun 2021, yaitu Orami, Zalora, dan Sociolla.
Horizontal e-commerce merupakan jenis marketplace yang menjual berbagai barang dari beragam kategori, seperti "toko serba ada". Sedangkan vertikal e-commerce adalah marketplace terspesialisasi yang hanya menjual satu kategori barang.
(Baca Juga: Perdana Listing Hari Ini, Nilai Kapitalisasi Pasar GoTo Jadi yang Terbesar Ketiga di BEI)