Alasan Konsumen Indonesia Tertarik ke Mall Dibanding Tempat Belanja Lain

1
Nabilah Muhamad 17/07/2025 17:02 WIB
Image Loader
Memuat...
Alasan Konsumen Indonesia Lebih Tertarik ke Mall Dibanding Tempat Belanja Lain (2024-2025)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Katadata Insight Center (KIC) dan tSurvey menggelar jajak pendapat kenapa konsumen lebih tertarik mengunjungi mall dibanding tempat belanja lain, termasuk belanja online.

Hasilnya, mayoritas atau 55% responden lebih tertarik ke mall karena dapat mencoba produk secara langsung.

Lalu 54% responden memilih ke mall karena dapat menghindari risiko tertipu, dan 47% tertarik dengan promo khusus yang hanya tersedia di mall.

Lengkapnya, berikut alasan konsumen yang menganggap mall lebih menarik dari tempat belanja lainnya

  • Bisa mencoba produk secara langsung: 55%
  • Bisa menghindari risiko tertipu/barang tidak sesuai seperti di toko online: 54%
  • Adanya promo khusus atau potongan harga yang hanya tersedia di mall: 47%
  • Pengalaman belanja terasa lebih nyata dan menyenangkan secara emosional: 43%
  • Bisa membandingkan harga langsung antar-toko di satu tempat: 41%
  • Tidak perlu tunggu pengiriman barang, bisa langsung bawa pulang: 31%
  • Semua kebutuhan bisa dicari dan dipenuhi dalam satu tempat: 27%
  • Lebih percaya terhadap produk atau merek yang tersedia di mall: 25%
  • Tidak perlu biaya pengiriman seperti saat belanja online: 24%
  • Lainnya: 1%

Survei ini melibatkan 268 responden yang pernah mengunjungi mall pada akhir 2024 dan awal 2025. Survei dilakukan secara daring dalam dua periode, yakni September-Desember 2024 dan Januari-April 2025.

Responden dipilih dengan teknik non-probability sampling. Sampel diambil dari pengunjung mall kelas atas dan kelas menengah di Jabodetabek, dengan rincian sebagai berikut:

Mall kelas atas

  • Plaza Indonesia
  • Grand Indonesia
  • Pacific Place
  • Central Park
  • Senayan City
  • Plaza Senayan
  • Ashta District 8
  • Pondok Indah Mall
  • Lippo Kemang Village
  • Kota Kasablanka
  • Gandaria City
  • PIK Avenue
  • Aeon Mall Jakarta Garden City
  • Lotte Shopping Avenue
  • Mall Taman Anggrek
  • Mall of Indonesia

Mall kelas menengah

  • Blok M Plaza
  • Green Pramuka Square
  • Mall Artha Gading
  • Mall Bassura City
  • Mall Sunter
  • Cilandak Town Square
  • Plaza Slipi Jaya
  • Mall Tamini Square
  • Pluit Village
  • Mall Cipinang Indah
  • Mall Kelapa Gading (MKG)
  • Plaza Atrium Senen
  • City Plaza Jatinegara
  • Plaza Buaran

Survei ini merupakan bagian dari laporan KIC bertajuk Perilaku Publik dalam Mengunjungi Mall, yang dapat diakses melalui tautan berikut.

(Baca: Ini Faktor Eksternal yang Mendorong Masyarakat Berkunjung ke Mall)

Editor : Adi Ahdiat

Data Populer

Loading...