Menurut survei Katadata Insight Center (KIC), ada berbagai hal yang bisa meningkatkan pengalaman konsumen dalam membeli produk lokal di live shopping.
Mayoritas atau 78% responden menilai pengalaman belanjanya akan lebih baik dan menyenangkan jika ada promo khusus produk lokal.
Kemudian 41% menyukai adanya fitur live shopping produk lokal yang mudah diakses, 39% ingin cara pembayaran yang lebih beragam, 29% ingin sistem pembayaran cash on delivery (COD); dan 23% ingin host atau pembawa acara yang dikenal.
Survei ini juga menemukan, pakaian menjadi jenis produk lokal yang paling banyak diminati konsumen live shopping dengan proporsi 34%, diikuti make up 12%, serta aksesori pakaian dan produk perawatan tubuh masing-masing 8%.
"Di samping itu, laki-laki cenderung berminat dengan perlengkapan hobi, sementara perempuan lebih berminat make up," tulis KIC dalam laporan Consumer Behavior on Live Shopping (November 2024).
KIC melakukan survei ini secara online pada 5-18 November 2024 terhadap 1.381 responden. Responden terdiri dari perempuan 62% dan laki-laki 38%.
Karakteristik responden berusia 18-44 tahun, berasal dari berbagai kelas sosial-ekonomi, dan pernah belanja live shopping dalam setahun terakhir.
Responden tersebar di 10 kota besar Indonesia, yaitu Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Medan, Palembang, Balikpapan, Denpasar, dan Makassar.
Sebagai catatan, pertanyaan survei ini menggunakan pilihan multiple answer, sehingga responden dapat memilih lebih dari satu jawaban.
(Baca: Alasan Konsumen Beli Produk Lokal Lewat Live Shopping)