Suplemen makanan merupakan produk kesehatan yang paling banyak diburu konsumen e-commerce Indonesia pada 2023.
Hal ini terlihat dari laporan Indonesian FMCG Report 2023 yang dirilis Compas, perusahaan riset pasar digital asal Indonesia.
Compas meriset penjualan produk kesehatan di 3 e-commerce besar dalam negeri, yaitu Shopee, Tokopedia, dan Blibli.
Dari hasil online crawling atau penelusuran digital, Compas memperkirakan nilai penjualan produk kesehatan di Shopee, Tokopedia, dan Blibli mencapai Rp10,7 triliun sepanjang 2023.
Nilainya setara 18,7% dari total nilai penjualan sektor fast moving consumer good (FMCG) di 3 e-commerce tersebut.
Di kategori produk kesehatan, suplemen makanan memiliki proporsi nilai penjualan terbesar pada 2023, yaitu mencapai 55,1%. Segmen produk ini terdiri dari:
- Kebugaran/kesejahteraan (well-being): 25,6%
- Detoks diet (diet detox): 10,9%
- Kebugaran (fitness): 7,8%
- Suplemen kecantikan (beauty supplement): 6,1%
- Suplemen makanan lainnya (other food supplement): 4,6%
Kemudian produk obat-obatan memiliki proporsi nilai penjualan 22,2%, terdiri dari:
- Obat tradisional (traditional medition): 14,9%
- Obat bebas (over-the-counter medicine): 7,3%
Produk perawatan diri atau self care memiliki proporsi nilai penjualan 14,1%, dengan rincian:
- Kesehatan mulut (mouth health): 6,1%
- Kesehatan wanita (feminine health): 2,3%
- Popok dewasa (adult diaper): 1,9%
- Perawatan diri lainnya (other selfcare): 1,3%
- Minyak atsiri (essential oil): 1%
- Produk perawatan diri lainnya: 1,6%
Adapun produk kesehatan seksual (sexual health) memiliki proporsi nilai penjualan 8,6%. Berikut rinciannya:
- Kondom (condom): 2,9%
- Produk kesehatan seksual lainnya: 5,7%
(Baca: Perawatan dan Kecantikan, Kategori FMCG Terlaris di E-commerce RI 2023)