Masa pandemi mengharuskan orang-orang lebih banyak menghabiskan waktu di rumah sehingga tren merawat kesehatan dan kecantikan kulit semakin meningkat. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) pada kuartal I-2020 pertumbuhan industri kimia, farmasi, dan obat tradisional termasuk kosmetik tumbuh 5,59%. Pertumbuhan pasar kosmetik di Indonesia juga diproyeksikan naik 7% pada 2021.
Menurut hasil riset Compas pada 1-15 Agustus lalu, ada beberapa merek produk perawatan tubuh yang paling banyak diburu konsumen. Berikut ini daftar 10 merek produk perawatan tubuh terlaris.
- Scarlett (18,9%)
Merek yang baru dirilis pada 2018 lalu ini sudah mampu memimpin pasar produk perawatan tubuh periode 1-15 Agustus 2021 di Shopee dan Tokopedia. Pangsa pasar yang diraih pun jauh lebih tinggi dari merek lain, yaitu 18.9%.
- Vitaline (5%)
Vitaline merupakan merek yang menyediakan perawatan tubuh berupa suplemen herbal dan diklaim dapat mencerahkan kulit. Penjualannya di Shopee dan Tokopedia cukup tinggi pada periode 1-15 Agustus hingga meraih pangsa pasar 5%.
- Nivea (2,8%)
Produk perawatan tubuh asal Jerman ini berada di peringkat ketiga kategori perawatan tubuh terlaris Shopee dan Tokopedia dengan pangsa pasar 2.8%. Salah satu produk legendaris dari Nivea adalah Nivea Crème.
- HB Whitening (2,6%)
Merek ini merupakan salah satu produk krim lokal yang berfungsi untuk memutihkan kulit. Di Shopee dan Tokopedia kategori perawatan tubuh, HB Whitening memiliki pangsa pasar sebesar 2.6%.
- SRI2 (2,4%)
Merek asal Jawa Barat ini menyediakan produk perawatan wajah dan tubuh ke seluruh Indonesia melalui platform e-commerce. Di Shopee dan Tokopedia, penjualannya mencapai 2.4% pangsa pasar.
- Dosting (2,2%)
Dosting berada di posisi selanjutnya dengan pangsa pasar sebesar 2,2%. Produk perawatan tubuh Dosting antara lain Night and Day Whitening Cream, Premium Natural Glow Soap, Body Toner, serta Day and Night Body Lotion.
- Kedas Beauty (2,2%)
Perawatan tubuh merek lokal ini memprosukdi produk pencerah kulit. Sama dengan merek Dosting, pangsa pasar merek ini pada 1-15 Agustus sebesar 2,2%. Produk Kedas Beauty yang terpopuler adalah Sabun Kedas Beauty.
- Bierlian (2,2%)
Masih sama dengan merek sebelumnya, Bierlian memiliki pangsa pasar 2,2%. Selain menjual perawatan tubuh dan wajah, Bierlian juga menjual perawatan tubuh pria dan paket kecantikan.
- MS Glow (2%)
MS Glow menjadi salah satu merek produk kecantikan terpopuler di Indonesia pada saat ini. MS Glow juga memiliki klinik yang tersebar di kota-kota Indonesia. Pangsa pasar MS Glow kategori perawatan tubuh berada di posisi 9, yaitu sebesar 2%.
- Vaseline (2%)
Merek perawatan tubuh asal Amerika yang juga legendaris ini memiliki pangsa pasar sebesar 2%. Vaseline terkenal dengan produk Petroleum Jelly yang berfungsi untuk melembabkan bagian tubuh yang sangat kering.
(Baca Selengkapnya: Pertumbuhan Pasar Kosmetik Global Terkontraksi 8% pada 2020)