Sebagian besar konsumen game online memiliki durasi main yang panjang. Hal ini terlihat dari laporan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet (APJII) yang berjudul Survei Penetrasi & Perilaku Internet 2023.
Menurut laporan tersebut, dari 8.510 orang yang disurvei, hanya ada 23,29% yang pernah bermain game online.
Dari kelompok konsumen game online tersebut, mayoritasnya atau 42,23% menghabiskan waktu bermain lebih dari 4 jam per hari.
Kemudian yang main game online dengan durasi 3-4 jam sehari ada 27,46%, yang main 2-3 jam sehari ada 11,94%, dan yang bermain 1-2 jam sehari ada 11,10%.
Adapun konsumen yang bermain game kurang dari 1 jam sehari hanya 7,26%, paling sedikit dibanding kelompok lainnya.
APJII juga menemukan, sebanyak 89,64% dari total konsumen game online tidak pernah mengikuti turnamen, sedangkan yang pernah hanya 10,36%.
Hal itu menunjukkan bahwa kebanyakan konsumen menjadikan game online hanya sebagai hobi atau pengisi waktu luang.
Survei APJII melibatkan 8.510 responden yang tersebar di seluruh Indonesia. Responden dipilih menggunakan teknik multi-stage random sampling, kemudian diwawancarai pada periode 10-27 Januari 2023.
Survei ini memiliki margin of error sekitar 1,14%, dengan tingkat kepercayaan 95%.
(Baca juga: Penjualan Belum Tertandingi, PS2 Jadi Konsol Video Gim Terlaku Sepanjang Zaman)