Penjualan Belum Tertandingi, PS2 Jadi Konsol Video Gim Terlaku Sepanjang Zaman

Layanan konsumen & Kesehatan
1
Erlina F. Santika 22/05/2023 16:58 WIB
Estimasi Penjualan Konsol Video Gim (2000-2023)*
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Konsol video game (gim) mengalami evolusi dari tahun ke tahun. Jenis hingga fitur yang ditawarkan pun beragam.

Terdapat beberapa konsol video gim yang begitu laris di dunia. Konsol yang menguasai pasar ini berasal dari merek PlayStation (PS), Nintendo, hingga Xbox.

Data perusahaan dan VGChartz yang diolah Statista menunjukkan, PlayStation 2 (PS2) menjadi konsol video gim paling laris sepanjang zaman. Penjualannya diperkirakan tembus 155 juta unit. Padahal produk buatan Sony ini sudah tidak diproduksi lagi sejak 2013.

Kedua, ada Nintendo Switch yang mencapai 125,6 juta unit per 31 Maret 2023. Produk besutan Fusajiro Yamauchi ini masih diproduksi hingga saat ini, sehingga angkanya diprediksi bisa bertambah.

(Baca juga: 10 Perusahaan Video Gim dengan Kapitalisasi Pasar Terbesar)

Ketiga, PS4 yang mampu mencetak penjualan sebesar 117 juta unit. Sementara pendahulunya, PS1, menyusul di posisi keempat dengan torehan 102,4 juta unit.

PS5, yang baru saja dirilis pada November 2020 lalu, baru mampu menjual 38,4 juta unit.

Dari data yang dilampirkan, Statista menyebut Sony telah mendominasi lanskap gim selama hampir tiga dekade terakhir. Ini terlihat dari tiga konsol PlayStation yang berada di posisi empat teratas.

"Setelah kedatangannya pada tahun 2000, PlayStation 2 menjadi paling hits dan tetap populer untuk waktu yang sangat lama. Meski penggantinya hadir pada 2006, PS2 tetap diproduksi hingga 2013 sebagai sistem entry-level yang terjangkau," tulis Statista dalam akun Instagram, @Statista, Selasa (16/5/2023).

Statista menyangsikan Nintendo Switch bakal mengejar PS2 meski posisinya berdekatan dengan produk itu. Statista menyebut, Switch masih terpaut 30 juta unit dan penjualannya dinilai melambat signifikan dalam dua tahun terakhir. Menurutnya, PS2 memang layak mempertahankan gelarnya sebagai konsol gim terlaris sepanjang masa.

(Baca juga: Jumlah Gamers Indonesia Terbanyak Ketiga di Dunia)

Data Populer
Lihat Semua