Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) mencatat, sebanyak 15,9% dari total 535 aduan berasal dari konsumen perbankan. Bank Mandiri menjadi bank yang paling banyak diadukan pada 2021.
YLKI mencatat 16% dari total aduan terhadap bank berasal dari konsumen Bank Mandiri. Selanjutnya, BCA, BNI, dan BRI masing-masing mencakup 10% dari total aduan konsumen bank.
Lalu, 7% dari total aduan dilakukan konsumen Bank Mega. BTN, BTPN, dan Bank DBS masing-masing mencakup 5% dari total aduan.
Permasalahan utama yang diadukan konsumen soal perbankan adalah relaksasi kredit (35%). Lalu, cara penagihan dan pembobolan masing-masing mencakup 18% dari total aduan.
Pada 2021, YLKI menerima total 535 aduan. Jumlah ini meningkat dari 404 aduan pada 2020. Aduan terbanyak berasal dari konsumen pinjaman online (22,4%).
(Baca: YLKI: Indihome dan Telkomsel Paling Banyak Dikeluhkan Konsumen)