Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) mencatat 11,9% dari total 535 aduan selama 2021 merupakan keluhan soal perusahaan telekomunikasi. Dua anak usaha BUMN Telkom, Indihome dan Telkomsel, menjadi dua perusahaan dengan aduan terbanyak.
Aduan soal Indihome mencakup 25% dari total aduan terhadap perusahaan telekomunikasi. Telkomsel berada di peringkat kedua dengan 21% dari total aduan.
Perusahaan telekomunikasi milik Lippo, First Media, berada di peringkat ketiga dengan 15% dari total aduan. Selanjutnya, Indosat, dan MyRepublic masing-masing mencakup 13% dari total aduan.
Permasalahan utama pengaduan telekomunikasi adalah karena jaringan internet (39%). Selanjutnya, 16% merupakan soal administrasi dan 15% soal pemotongan pulsa.
Sektor telekomunikasi menjadi sektor ketiga yang menerima aduan konsumen terbanyak. Jasa keuangan berada di posisi pertama dengan 49,6% dari total aduan dan e-commerce di posisi kedua (17,2%).
(Baca: Kecepatan Internet Fix Broadband Indonesia Rendah, Peringkat ke-8 di ASEAN pada 2021)