Layanan mobile banking PT Bank Central Asia Tbk mengalami gangguan karena adanya perbaikan layanan pada Selasa (2/3/2022). Akibanyak, sebanyak 20,8 juta pengguna mobile banking BCA tidak dapat melakukan transaksi.
Mobile banking menjadi penyumbang terbesar transaksi bank swasta terbesar di Indonesia tersebut. Sebanyak 10,11 miliar kali transaksi nasabah Bank BCA menggunakan layanan mobile banking. Artinya, lebih dari separuh atau 61,55% transaksi pelanggan Bank BCA menggunakan mobile banking dari total sebanyak 16,42 miliar kali.
(Baca: Inilah 3 Bank Pencetak Laba Terbesar 2021, Siapa Juaranya?)
Ada pula 4,25 miliar transaksi nasabah BCA yang menggunakan layanan internet banking. Jumlah tersebut mencapai 25,89% dari total transaksi BCA tahun lalu.
Total transaksi melalui kedua jenis layanan (mobile banking dan internet banking) tersebut mencapai 14,36 kali transaksi atau mencapai 87,44% dari total transaksi.
Sedangkan pelanggan Bank BCA yang bertransaksi melalui anjungan tunai mandiri (ATM) sebanyak 1,96 miliar kali transaksi (11,92%). Sementara yang bertransaksi datang ke cabang BCA hanya mencapai 105 juta kali transaksi (0,64%).
(Baca: Terbesar di RI, Kapitalisasi Pasar BCA Capai Rp 903,11 Triliun)