Menurut laporan Brand Finance, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) dinobatkan sebagai merek perbankan terkuat di dunia pada 2024.
Dari 500 merek perbankan di dunia, bank swasta asal Indonesia ini meraih skor Brand Strength Index (BSI) sebesar 93,8 poin dan skala 100 poin. Selain itu, BCA mencetak rating kekuatan brand dengan sempurna, yakni AAA+.
Kedua ada Equity Bank dari Kenya sebesar 92,5 poin. Ketiga, Banca Transilvania dari Romania sebesar 92,3 poin
Laporan itu juga menyebut, secara rata-rata merek perbankan asal Asia dan Afrika memiliki kekuatan terbesar dibanding wilayah lainnya.
“Hal ini sebagian besar disebabkan kedua benua tersebut memiliki banyak pemain perbankan nasional yang kuat di masing-masing pasar,” kata CEO Brand Finance Davis Haigh dalam laporannya.
Adapun Brand Finance menggunakan istilah ‘kekuatan merek’ sebagai ukuran dari kesehatan merek secara keseluruhan yang mencerminkan posisi sebuah jenama bank di hati para pelanggannya.
Atas capaian positif ini, Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja turut berterima kasih kepada Brand Finance dan para nasabah atas kepercayaan selama ini.
“Tentunya apresiasi ini tidak lepas dari kepercayaan segenap nasabah setia, dukungan dari pemerintah maupun regulator, serta kerja kelas seluruh karyawan BCA di penjuru Tanah Air, kata Jahja dalam keterangan tertulisnya, Senin (18/3/2024).
Berikut 10 merek perbankan terkuat di dunia pada 2024 menurut Brand Finance:
- BCA (Indonesia): 93,8 poin
- Equity Bank (Kenya): 92,5 poin
- Banca Transilvania (Romania): 92,3 poin
- First National Bank (Afrika Selatan): 92,3 poin
- Kenya Commercial Bank (Kenya): 91,5 poin
- ICBC (China): 89,9 poin
- Capitec Bank (Afrika Selatan): 89,1 poin
- Vietcombank (Vietnam): 89,1 poin
- Bank of China (China): 88,9 poin
- CTBC Bank (Taiwan): 88,8 poin
(Baca: Konsisten Naik, Jumlah Rekening Nasabah BCA Tembus 38 Juta Akun pada 2023)