Mayoritas Warga RI Cari Informasi di Media Sosial

INFOGRAFIK
Penulis
Adi Ahdiat 07/09/2022 13:36 WIB

  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

 

Menurut laporan survei Status Literasi Digital 2021 yang disusun Katadata Insight Center (KIC) bersama Kementerian Kominfo, mayoritas warga Indonesia lebih suka mencari informasi di media sosial ketimbang media lainnya.


Survei menemukan ada 73% responden yang paling banyak mencari informasi di media sosial. Persentase responden yang memiliki kebiasaan ini tak jauh beda daari hasil survei tahun lalu, seperti terlihat pada grafik.

Menariknya, meski paling banyak diakses, media sosial bukanlah sumber informasi yang paling dipercaya.

Berdasarkan survei KIC, hanya 22,4% responden yang menilai media sosial sebagai sumber informasi paling dipercaya. Masyarakat justru lebih banyak memercayai informasi dari televisi, dengan proporsi sebanyak 47% responden.

Media sosial memang kerap menjadi sarana penyebaran hoaks. Karena itu, masyarakat perlu berhati-hati dan membiasakan diri untuk menyaring setiap informasi yang beredar.

Adapun media sosial yang paling banyak diakses adalah WhatsApp (95,9%), Facebook (80,4%), YouTube (72,2%), Instagram (46,4%), Tiktok (29,8%), Telegram (15,9%), Twitter (8,9%) dan Line (4,5%).

Survei ini melibatkan 10 ribu responden yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Responden dipilih secara acak, dengan kriteria berusia 13-70 tahun dan pernah mengakses internet dalam 3 bulan terakhir.