Kehadiran e-commerce semakin mempermudah konsumen dari berbagai penjuru dunia untuk mendapatkan berbagai produk fesyen yang mereka butuhkan.
Menurut data yang dihimpun oleh Statista, e-commerce fesyen terbesar di dunia dengan hasil penjualan bersih tertinggi pada 2022 dipegang oleh JD.com.
E-commerce asal Tiongkok tersebut mampu mencatatkan penjualan bersih sebesar US$21,3 miliar atau sekitar Rp316,88 triliun (asumsi kurs Rp14.877 per US$).
Shein.com kemudian menyusul di urutan kedua dengan total penjualan sebesar US$15,3 miliar atau sekitar Rp227,62 triliun. Baik JD maupun Shein, keduanya jadi basis fashion e-commerce terbesar di dunia yang jadi tujuan konsumen dalam berbelanja produk fashion.
Kemudian e-commerce asal Korea Selatan, Coupang.com, menduduki urutan ketiga dengan total penjualan mencapai US$7,9 miliar atau sekitar Rp117,53 triliun.
Lalu di urutan kedua terbawah ada VIP.com dari Tiongkok dan Macys.com dari Amerika Serikat dengan total penjualan seperti yang terlihat pada grafik.
Berikut adalah fashion e-commerce terbesar di dunia dengan penjualan terbesar pada tahun 2022:
- JD.com (Tiongkok): US$21,3 miliar atau Rp316,88 triliun
- Shein.com (Tiongkok): US$15,3 miliar atau Rp227,62 triliun
- Coupang.com (Korea Selatan): US$7,9 miliar atau Rp117,53 triliun
- VIP.com (Tiongkok): US$7,5 miliar atau Rp111,57 triliun
- Macys.com (Amerika Serikat): US$5,9 miliar atau Rp87,77 triliun
(Baca juga: 5 E-Commerce dengan Pengunjung Terbanyak Kuartal I 2023)