Perusahaan riset pasar Compas, merilis daftar merek sunscreen dengan harga di bawah Rp60 ribu terlaris di e-commerce dalam negeri periode double date 8.8 atau 8 Agustus 2024.
Riset dilakukan menggunakan metode crawling atau penelusuran data. Compas mengoleksi data penjualan produk dari toko official maupun non-official di Shopee, TikTok Shop, dan Tokopedia dengan rating produk minimal bintang 4, sepanjang 8-14 Agustus 2024.
Hasilnya, 9 dari 10 kategori produk sunscreen di bawah Rp60 ribu terlaris di e-commerce periode double date 8.8 diisi oleh merek lokal. Hanya satu merek global, yaitu Love & Lovely yang berada di bawah Unilever.
“Azarine berhasil meraih 27,5% market share di periode 8.8 tahun 2024, unggul cukup jauh dengan kompetitor terdekatnya Wardah yang mendapatkan 12,3%,” tulis Compas di Instagram resminya, Rabu (4/9/2024).
Merek sunscreen terlaris di bawah Rp60 ribu lainnya diraih oleh Y.O.U dengan pangsa 8,5%. Posisinya diikuti Grace and Glow 5,7% dan The Originote 2,1%.
Sementara merek sunscreen lainnya seperti Emina, Hanasui, Madame Gie, Glow & Lovely, dan Scarlett meraih pangsa kurang dari 4% seperti terlampir pada grafik.
(Baca: Ini 10 Merek Body Lotion Terlaris Periode 8.8 di E-Commerce)