Hasil survei klinik kecantikan PT Zulu Alpha Papa (ZAP) dan MarkPlus Inc. melalui ZAP Beauty Index 2023 menunjukkan, influencer lokal paling berpengaruh menarik hati konsumen perempuan Indonesia untuk membeli produk/layanan kecantikan. Para influencer lokal tersebut terdiri dari Selebgram, Youtuber, TikToker, dan Seleb Tweet.
“78% perempuan Indonesia lebih tertarik pada influencer lokal dibandingkan artis Korea untuk memilih produk dan layanan kecantikan,” demikian dikutip dari laporan ZAP Beauty Index 2023.
Menurut laporan tersebut, para influencer lokal mampu mempengaruhi audiens dengan konten kecantikan yang mereka suguhkan di media sosial. Mulai dari konten endorsement, mini vlog, konten edukasi, hingga konten review produk/layanan kecantikan.
Selanjutnya, 23,7% responden mengatakan tertarik membeli produk/layanan kecantikan karena artis lokal terkenal. Misalnya, pemain film, musisi, dan sebagainya.
Kemudian, di posisi ketiga dan keempat ditempati oleh artis Korea. “Faktanya, hanya 16,3% perempuan Indonesia yang terpengaruh oleh artis Korea dan 8,5% oleh musisi/girlband/boyband Korea (dalam memilih produk/layanan kecantikan),” demikian dikutip dari laporan tersebut.
Ada pula konsumen perempuan Indonesia yang terpengaruh oleh artis Hollywood (4,9%) terkait produk/layanan kecantikan. Sementara itu, influencer yang menempati posisi terbawah yakni ahli kecantikan dan komedian lokal masing-masing hanya 0,7%.
Adapun survei ini dilakukan pada Oktober-November 2022 melalui metode survei online. Terdapat 9.010 responden perempuan berusia 12-66 tahun yang terlibat dalam survei ini.
Responden berdomisili di DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Banten, Sumatera Utara, Kalimantan Timur, DI Yogyakarta, Bali, Sulawesi Selatan, Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, Maluku, hingga Papua.
(Baca: Makin Meroket, Pendapatan Produk Kecantikan dan Perawatan Diri di RI Capai Rp111,83 Triliun pada 2022)