Laporan Badan Pusat Statistik (BPS) yang dipublikasikan Kementerian Agama menunjukkan bahwa skor indeks kepuasan jemaah haji Indonesia (IKJHI) menyentuh 88,20 poin pada pelaksanaan 2024. BPS menyebut capaian itu masuk kategori sangat memuaskan.
Komponen utama indeks tersebut adalah pelayanan. Menurut jenisnya, transportasi bus shalawat mendapat poin paling tinggi, yakni 91,61 poin. Angkanya naik 1,7 poin dari 2023 yang sebesar 89,91.
Kedua adalah bus antar-kota sebesar 91,11. Naik 1,21 poin dari 2023 yang sebesar 89,9.
Ketiga, hotel, dengan skor 89,75, naik tipis 0,86 poin dari 2023 yang sebesar 88,89.
Pelayanan petugas haji juga meningkat 1,47 poin, dari 87,5 poin pada 2023 menjadi 88,97 poin pada 2024.
Lalu ada konsumsi di luar Arafah, Muzdalifah, dan Mina (Armuzna) sebesar 88,75 pada 2024. Naik 2,3 poin dari 2023 yang sebesar 86,45.
Selain itu ada pelayanan ibadah hingga tenda. Pelayanan tenda menjadi yang paling rendah dalam daftar ini.
"Semua jenis layanan telah mencapai kriteria 'sangat memuaskan', kecuali layanan tenda dan konsumsi Armuzna," tulis BPS dalam laporannya, dikutip pada Selasa (24/9/2024).
Pengumpulan metode skor indeks ini mengambil 14.400 jemaah haji Indonesia, terdiri atas 6.400 orang pada gelombang I dan 8.000 orang pada gelombang II.
Penilaian kepuasan terbagi dalam 7 titik, di antaranya di bandara kedatangan di Madinah; bandara kedatangan Jeddah; Madinah gelombang I; Makkah pra-Armuzna (Arafah, Muzdalifah, dan Mina); Armuzna; Makkah pasca-Armuzna, dan Madinah gelombang II.
Selain pengisian kuisioner secara mandiri, metode pengumpulan data juga dilakukan dengan wawancara dan observasi.
Adapun jenis pelayanan yang dinilai dalam IKHJI adalah pelayanan petugas haji, ibadah, transportasi bus, akomodasi (hotel atau tenda), konsumsi, dan lainnya.
Berikut rincian penilaian IKJHI menurut pelayanannya pada 2024:
- Transportasi bus shalawat: 91,61 poin
- Transportasi bus antarkota: 91,11 poin
- Hotel: 89,75 poin
- Petugas haji: 88,97 poin
- Konsumsi non-Armuzna: 88,75 poin
- Ibadah: 88,02 poin
- Umum (dan lainnya): 86,66 poin
- Transportasi bus Armuzna: 85,2 poin
- Konsumsi Armuzna: 84,77 poin
- Tenda: 76,10 poin.
(Baca juga: Data Skor Indeks Kepuasan Jemaah Haji Indonesia 2010-2024)